Lecturer

MODUL 1. OBSERVASI MELALUI SURVEY DAN WAWANCARA.docx

 

Tugas 1. 

Melakukan kajian program terdahulu yang tercantum dalam Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Batu Layang Tahun 2018 dan Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Batu Layang Tahun 2019 untuk dapat menemukan:

  1. Program yang telah dilaksanakan di Desa Batu Layang
  2. Potensi pengembangan program terdahulu
  3. Kajian program baru yang dimungkinkan untuk diimplementasikan baik dengan menindaklanjuti program terdahulu maupun program lain yang belum pernah dilakukan (disesuaikan dengan kompetensi masing-masing kelompok)

Tugas 2.

Menyusun draft kuesioner sebagai bahan survey dan wawancara terkait dengan program yang akan dilakukan oleh masing – masing kelompok.

Draft Kuesioner berisi:

  1. Data Demografi
  2. Jenis Kelamin
  3. Usia
  4. Pekerjaan
  5. Pendidikan terakhir
  6. Jenis wirausaha (jika ybs adalah wirausaha)
  7. Butir pertanyaan yang merujuk pada
  8. Pemahaman atas jenis program yang akan dilakukan
  9. Apakah program tersebut sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat

Kebutuhan masyarakat atas program lain yang diperlukan

 

Tugas 3. Menyusun butir pertanyaan untuk wawancara

Silahkan menjawab dengan me - reply pesan ini. 

You need to be a member of Pusat Kewirausahaan dan Inkubator Bisnis Podomoro University to add comments!

Join Pusat Kewirausahaan dan Inkubator Bisnis Podomoro University

Email me when people reply –

Replies

  • Pertanyaan kuesioner

    1. Nama 
    2. Pekerjaan
    3. Jenis usaha
    4. Berapa jumlah pengunjung setiap bulan
    5. Tempat wisata apa yang sering dikunjungi wisatawan di desa batulayang
    6. Fasilitas apa saja yang masih dibutuhkan / yang belum tersedia di desa batulayang
    7. Kendala / masalah apa yang anda rasakan yang membuat kurang berkembangnya desa batulayang
    8. Apa ciri khas / tradisi dari desa batulayang
    9. Apa saja yang membedakan desa batulayang dengan tempat wisata lain

    kelompok Calvin - Entrepreneurship

  • KELOMPOK PODOMORO - VALERI

     

    Program untuk Desa Batulayang

    Mengenalkan dan mengajarkan social media khususnya Instagram, kepada masyrakat desa bagaimana menggunakan instagram dalam mempromosikan desa wisata mereka dengan:

    • Membuatkan akun instagram
    • Cara menggunakan dan memposting foto promosi desa wisata
    • Cara membuat caption
    • Cara membuat konten foto yang menarik wisatawan (informasi desa, program-program, lokasi, contact person, dll.)
    • Mengajarkan cara menggunakan aplikasi Canva sebagai platform membuat design grafis
    • Menyediakan spot foto untuk para wisatawan

    Kuesioner Batulayang
            1.      Apakah anda mengetahui Social Media lain selain Facebook?
            2.      Apakah anda mengetahui tentang Social Media yang bernama Instagram?
            3.      Apakah menurut anda  Social Media membantu dalam mempromosikan bisnis di dunia digital saat ini?
            4.      Menurut anda apakah membuat tempat yang menarik dan indah untuk di post di Instagram
            5.       Apakah anda mempunyai pengetahuan tentang bagaimana memakai instagram untuk promosi?
            6.      Apakah anda tertarik untuk mempromosikan Batulayang melalui sosial media lain selain facebook ?
            7.      Berapa rata-rata jumlah wisatawan yang datang selama sebulan ?
            8.      Biasanya wisatawan yang datang berupa keluarga atau rombongan ?
            9.      Apakah selama ini facebook cukup berpengaruh dalam mempromosikan batulayang ?
            10.     Apakah anda berniat untuk mengeluarkan modal lebih untuk mempromosikan melalu sosial media ? (Untuk endorse, dll)

    • Lecturer

      Good!

      Untuk pertanyaan bisa diajukan saat interview. Untuk kuesioner senin saya bawakan di kelas ya.

  • 1.Nama

    2.Usia

    3.Pekerjaan

    4.Jenis kelamin

    5 .Pendidikan Terakhir

    6. Pekerjaan saat ini

    7. Pendapatan rata-rata per bulan

              a.≤ 500.000 b. 500.001-1.000.000   c.1.000.000-2.000.000   d. 2.000.001-3.000.000   e. ≥3.000.000

     

    8. pendapatan rata rata homestay per bulan

              a. ≤ 500.000 b. 500.001-1.000.000   c.1.000.000-2.000.000   d. 2.000.001-3.000.000   e. ≥3.000.000

     

    Demogarfi

     

    9. Berapa jumlah penduduk desa batulayang? (kepala desa)

     

    10. rata rata jumlah penduduk desa batulayang perbulan?

     

    11. seberapa banyak lokasi wisata yang ada pada saat ini?

     

    pertanyaan yang merujuk pada programnya

     

    12. kendala utama yang dirasakan yang menyebabkan kurangnya perkembangan di desa?

     

    13. apakah kegiatan yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa ini sesuai dengan permasalahan yang dihadapi oleh desa batulayang?

     

    14. objek wisata apa saja yang yang banyak dikunjungi oleh wisatawan?

     

    15. apa yang membedakan desa batulayang dengan desa yang yang lain sebagai objek wisata?

     

    16. biasa yang datang kebanyakan bersama keluarga atau teman?

     

    17. adakah fasilitas paket wisata yang sudah ada?

     

    18. adakah kerjasama antara desa wisata batulayang dengan pihak swasta seperti perusahaan atau sekolah

     

    19. apakah kegiatan kegiatan berupa edukasi dan wisata pad salah satu objek wisata tersebut?

     

    program 

     

    20. apakah anda mengetahui tujuan dari program ini?

     

    21. program tersebut sesuai dengan kebutuhan masyarakat di tempat?

     

    22. apakah kebanyakan program yang ada membantu dalam semua segment yang ada di desa ini?

     

    23. bagaimana desa batulayang mengelola wisatawan?

     

    24. menurut anda program yang kami laksanakan akankah membantu dalam pengembangan desa batulayang?

     

    Tema: marketing social media

    Kelompok agung:

    Adrian Gosama

    Dean Kemilau

    Rachel Gavriella

    Kenzi Valerius

    Ivan Rifaldy

    Alfi Ham

    • Lecturer

      Secara lebih detail programnya seperti apakah?

    • Lecturer

      gambarannya dulu 

    • Maaf bu kurang lengkap, jadi rencana program kami menuju pada pelatihan marketing dari segi dasar sosmed (social media) & web / blog sederhana yang bertujuan sebagai sarana menyampaian keunikan / ke istimewaan desa batu layang tersebut. Kenapa kami berpikir untuk merencanakan program ini ?, hal dikarenakan sudah adanya web/blog ataupun sosmed tapi di bagian web/blog sekarang masih dalam pengelola swasta / perusahaan yang mengurusi jasa bootcamp disana yang mencondongkan marketingnya lebih ke kelebihan dari usaha mereka dari pada keunikan desa itu sendiri selain dari itu ada juga web dari pemerintah soal desa batu layang akan tetapi masih dalam lingkup deskripsi dari sejarah dll. Secara tidak langsung web desanya sendiri masih belum ada dan marketing nilai2 ke istimewaan desa tersebut masih kurang. Dari segi sosmed baru ada dibagian facebook sedangkan biasa wisatawan jaman sekarang lebih memilih mencarinya melalui instagram / recomendasi2 yang ada di pintrest. Karena sebab itu kami berencana melakukan pelatihan dasar dalam marketing melalui web/ blog sederhana dan juga melalui sosmed untuk meningkatkan detail travel yang menarik di dunia maya sehingga banyak traveler2 yang tertarik untuk berkunjung di desa batu layang.

    • Lecturer

      pertanyaan no 10 rata rata jumlah penduduk desa batulayang perbulan? -- hehe bisa naik turun ya jumlahnya. Pendapatan kali ya

       

  • PROGAM: MEMBERIKAN WORKSHOP PENGELOLAAN KEUANGAN

    Pertanyaan Kuisioner:

    1. Nama:
    2. Pendapatan per bulan:
    3. Berapa persen keuntungan mereka:
    4. Apakah mereka mencatat laporan keuangan
    5. Apakah mengerti tentang laporan keuangan
    6. Jika iya, seberapa mengerti mereka mengenai laporankeuangan
    7. Pernahkah melakukan perencanaan keuangan
    8. Jika iya, apakah mereka mengalami kesulitan dalammnegelola keuangan
    9. Jika diberikan progam perencana keuangan, apakah yang anda harapkan dri program tersebut.
     
     
    Kelompok Arifin - Batu
This reply was deleted.