MODUL 1. OBSERVASI MELALUI SURVEY DAN WAWANCARA.docx
Tugas 1.
Melakukan kajian program terdahulu yang tercantum dalam Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Batu Layang Tahun 2018 dan Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Batu Layang Tahun 2019 untuk dapat menemukan:
- Program yang telah dilaksanakan di Desa Batu Layang
- Potensi pengembangan program terdahulu
- Kajian program baru yang dimungkinkan untuk diimplementasikan baik dengan menindaklanjuti program terdahulu maupun program lain yang belum pernah dilakukan (disesuaikan dengan kompetensi masing-masing kelompok)
Tugas 2.
Menyusun draft kuesioner sebagai bahan survey dan wawancara terkait dengan program yang akan dilakukan oleh masing – masing kelompok.
Draft Kuesioner berisi:
- Data Demografi
- Jenis Kelamin
- Usia
- Pekerjaan
- Pendidikan terakhir
- Jenis wirausaha (jika ybs adalah wirausaha)
- Butir pertanyaan yang merujuk pada
- Pemahaman atas jenis program yang akan dilakukan
- Apakah program tersebut sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat
Kebutuhan masyarakat atas program lain yang diperlukan
Tugas 3. Menyusun butir pertanyaan untuk wawancara
Silahkan menjawab dengan me - reply pesan ini.
Replies
Pertanyaan kuesioner
kelompok Calvin - Entrepreneurship
KELOMPOK PODOMORO - VALERI
Program untuk Desa Batulayang
Mengenalkan dan mengajarkan social media khususnya Instagram, kepada masyrakat desa bagaimana menggunakan instagram dalam mempromosikan desa wisata mereka dengan:
Kuesioner Batulayang
1. Apakah anda mengetahui Social Media lain selain Facebook?
2. Apakah anda mengetahui tentang Social Media yang bernama Instagram?
3. Apakah menurut anda Social Media membantu dalam mempromosikan bisnis di dunia digital saat ini?
4. Menurut anda apakah membuat tempat yang menarik dan indah untuk di post di Instagram
5. Apakah anda mempunyai pengetahuan tentang bagaimana memakai instagram untuk promosi?
6. Apakah anda tertarik untuk mempromosikan Batulayang melalui sosial media lain selain facebook ?
7. Berapa rata-rata jumlah wisatawan yang datang selama sebulan ?
8. Biasanya wisatawan yang datang berupa keluarga atau rombongan ?
9. Apakah selama ini facebook cukup berpengaruh dalam mempromosikan batulayang ?
10. Apakah anda berniat untuk mengeluarkan modal lebih untuk mempromosikan melalu sosial media ? (Untuk endorse, dll)
Good!
Untuk pertanyaan bisa diajukan saat interview. Untuk kuesioner senin saya bawakan di kelas ya.
1.Nama
2.Usia
3.Pekerjaan
4.Jenis kelamin
5 .Pendidikan Terakhir
6. Pekerjaan saat ini
7. Pendapatan rata-rata per bulan
a.≤ 500.000 b. 500.001-1.000.000 c.1.000.000-2.000.000 d. 2.000.001-3.000.000 e. ≥3.000.000
8. pendapatan rata rata homestay per bulan
a. ≤ 500.000 b. 500.001-1.000.000 c.1.000.000-2.000.000 d. 2.000.001-3.000.000 e. ≥3.000.000
Demogarfi
9. Berapa jumlah penduduk desa batulayang? (kepala desa)
10. rata rata jumlah penduduk desa batulayang perbulan?
11. seberapa banyak lokasi wisata yang ada pada saat ini?
pertanyaan yang merujuk pada programnya
12. kendala utama yang dirasakan yang menyebabkan kurangnya perkembangan di desa?
13. apakah kegiatan yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa ini sesuai dengan permasalahan yang dihadapi oleh desa batulayang?
14. objek wisata apa saja yang yang banyak dikunjungi oleh wisatawan?
15. apa yang membedakan desa batulayang dengan desa yang yang lain sebagai objek wisata?
16. biasa yang datang kebanyakan bersama keluarga atau teman?
17. adakah fasilitas paket wisata yang sudah ada?
18. adakah kerjasama antara desa wisata batulayang dengan pihak swasta seperti perusahaan atau sekolah
19. apakah kegiatan kegiatan berupa edukasi dan wisata pad salah satu objek wisata tersebut?
program
20. apakah anda mengetahui tujuan dari program ini?
21. program tersebut sesuai dengan kebutuhan masyarakat di tempat?
22. apakah kebanyakan program yang ada membantu dalam semua segment yang ada di desa ini?
23. bagaimana desa batulayang mengelola wisatawan?
24. menurut anda program yang kami laksanakan akankah membantu dalam pengembangan desa batulayang?
Tema: marketing social media
Kelompok agung:
Adrian Gosama
Dean Kemilau
Rachel Gavriella
Kenzi Valerius
Ivan Rifaldy
Alfi Ham
Secara lebih detail programnya seperti apakah?
gambarannya dulu
Maaf bu kurang lengkap, jadi rencana program kami menuju pada pelatihan marketing dari segi dasar sosmed (social media) & web / blog sederhana yang bertujuan sebagai sarana menyampaian keunikan / ke istimewaan desa batu layang tersebut. Kenapa kami berpikir untuk merencanakan program ini ?, hal dikarenakan sudah adanya web/blog ataupun sosmed tapi di bagian web/blog sekarang masih dalam pengelola swasta / perusahaan yang mengurusi jasa bootcamp disana yang mencondongkan marketingnya lebih ke kelebihan dari usaha mereka dari pada keunikan desa itu sendiri selain dari itu ada juga web dari pemerintah soal desa batu layang akan tetapi masih dalam lingkup deskripsi dari sejarah dll. Secara tidak langsung web desanya sendiri masih belum ada dan marketing nilai2 ke istimewaan desa tersebut masih kurang. Dari segi sosmed baru ada dibagian facebook sedangkan biasa wisatawan jaman sekarang lebih memilih mencarinya melalui instagram / recomendasi2 yang ada di pintrest. Karena sebab itu kami berencana melakukan pelatihan dasar dalam marketing melalui web/ blog sederhana dan juga melalui sosmed untuk meningkatkan detail travel yang menarik di dunia maya sehingga banyak traveler2 yang tertarik untuk berkunjung di desa batu layang.
pertanyaan no 10 rata rata jumlah penduduk desa batulayang perbulan? -- hehe bisa naik turun ya jumlahnya. Pendapatan kali ya
PROGAM: MEMBERIKAN WORKSHOP PENGELOLAAN KEUANGAN
Pertanyaan Kuisioner:
Ditambah demografi ya