PUCEL

Aplikasi 10 Type of Innovation

Dear All,

Dari seluruh type inovasi yang telah dibahas di kelas, pilih satu atau lebih inovasi yang bisa diterapkan di produk UKM. Jelaskan secara detail dengan contoh.

Jawablah pertanyaan diatas dengan mereply posting ini. (Silahkan jawab sebelum tanggal 7 November 2019)

 

Good Luck 

 

You need to be a member of Pusat Kewirausahaan dan Inkubator Bisnis Podomoro University to add comments!

Join Pusat Kewirausahaan dan Inkubator Bisnis Podomoro University

Email me when people reply –

Replies

  • Inovasi yang bisa saya terapkan untuk produck kesehatan daun lontar adalah pada bagian strategi marketingnya , karena product ini memiliki banyak sekali potensi yang bagus , product ini masih jarang , 100% organik , serta memborong berbagai macam vitamin penting untuk tubuh , tetapi menurut saya lemah di bagian digital marketing , saran saya perbaiki feed instagram (post foto yang menarik untuk instagram agar lebih menarik dan trusted ) , lalu mulai melakukan endorse” kepada artis” istagram agar product ini bisa di kenal banyak orang , lalu lakukan juga paid promote di akun” kesehtan di instagram , seperti hallodokter , cantiksehat ,dll , gunakan fungsi website dengan lebih maximal lagi dengan cara menggunakan keyword di url agar lebih mudah di cari orang 

  • Inovasi yang bisa diterapkan untuk ukm Bakpao Citra 21 adalah pada bagian Network, dimana ukm ini sangat membutuhkan sistim jaringan yang lebih luas untuk mengembangkan bisnisnya. Permaslaahnya yakni; penjualan Bakpao Citra 21, sampai saat ini hanya bisa menjangkau daerah Jakarta Barat saja. Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan Network di bagian collaboration dan juga franchising. Menurut saya, ukm ini harus melakukan kolaborasi dengan berbagai food blogger terkenal seperti “eatandtreats” dan “si bungbung”, karena dengan banyaknya pengikut mereka yang menyukai konten makanan, secara otomatis produk bakpao ini akan ikut mulai dikenal oleh konsumen luas. Kolaborasi dengan jasa pengiriman juga diperlukan untuk memperluas jangkauan pasar dalam pengiriman bakpao seperti JNE, Tiki, dsb. Serta sistim franchising yang memiliki banyak manfaat bagi ukm ini, untuk meningkatkan jaringan bisnis yang dapat mencakup ke berbagai wilayah dan penjuru dunia secara efektif. 

  • Coach

    tipe inovasi yang dibutuhkan oleh Harmony Accounting Software yaitu Collaboration. Harmony sebaiknya melakukan berkolaborasi selain dengan bank, juga dengan perusahaan besar, contohnya seperti APL, yang memungkinkan software ini digunakan oleh semua accountant yang bekerja di APL, dilihat dari fitur-fitur yang dimiliki Harmony cukup lengkap untuk digunakan pada pembukuan pada perusahaan besar. Dengan ini dapat memungkinkan Harmony bekerjasama dengan perusahaan besar lainnya. Hal ini juga dapat meningkatkan tingkat revenue dan brand awareness dari perusahaan Harmony Accounting Software. 

  • Janet Momongan - 11170026

    Inovasi untuk ItemManis Coffee adalah Collaboration.

    Kurangnya perhatian di bidang marketing, menjadikan bisnis coffee ini kalah bersaing dengan bisnis coffee lainnya. Maka dari itu untuk mengatasi masalah ini, inovasi yang harus dilakukan yaitu Collaboration. Misalnya melakukan kerjasama dengan beberapa influencer atau menjadi sponsorship di beberapa event. Dengan melakukan kolaborasi seperti itu, bisnis coffee ini akan semakin di kenal di masyarakat.

  • Coach

    Untuk Liberty Homeschooling, inovasi yang dapat di gunakan adalah collaboration. dengan berkolaborasi dengan uiversitas ataupun sekolah sekolah dapat meningkatkan  trust antara orang tua murid dan siswa-siswi terhadap Liberty Homeschooling. Contohnya, jika Liberty Homeschooling bekerjasama dengan sekolah maka sekolah sekolah tersebut dapat merekomendasikan liberty homeschooling kepda orang tua murid yang ingin memindahkan anaknya ke sistem homeschooling, dengan ini dapat meningkatkan revenue dan trust kepada liberty homeschooling karena direkomendasikan langsung dari guru yang di percayai oleh orang tua murid. 

    selain itu, Liberty homeschooling dapat bekerjasama dengan universitas-universitas yang ada di indonesia agar graduates dari liberty homeschooling tersebut memiliki koneksi langsung ke universitas yang ingin mereka tuju dan memiliki pilihan universitas lainnya yang mempercayai kualitas  graduates dari liberty homeschooling. hal ini dapat meningkatkan daya tarik orang untuk mendaftar dan juga memberikan kepastian yang dibutuhkan oleh konsumen.

  • Salah satu permasalahan Bakmie Kim An yg utama adalah supplier bakmi mentah yang jauh dr restoran yg berada di Jakarta, sedangkat restoran Bakmie Kim An berada di kota Karawang. Sedangkan supplier-supplier bakmi mentah di Kawarang kualitasnya kurang untuk Bakmie Kim An.

    Inovasi yg saya pilih adalah;
    Collaboration: Bakmie Kim An dapat menggunakan metode ini untuk menyelesaikan masalah dengan metode kolaborasi dengan supplier bakmi mentah yg berada di Jakarta. Dimana Bakmie Kim An akan melakukan kontrak minimal pemesanan agar dapat dikirim langsung ke Karawang, jadi pemilik tidak perlu bolak-balik Jakarta-Karawang untuk membeli bakmi. Walaupun mungkin harus di beli dalam jumlah yg lumayan besar, tetapi akan lebih menguntungkan.

  • Dean (11170021)
    Innovasi untuk Kure.Handmade
    1. Customization: Kure dapat membuat sistem untuk request pesenan produk sabun yang menggumakan bahan yang sesuai dengan apa yang kustomer inginkan. (cth: Material dari Vegetable, Fruit or Design yang diingini kustomer.)
    2. Membership: Kure dapat membuat sistem stamp/cap pada kartu membership yang di bagikan pada saat membeli dan cap akan bertambah pada saat pembelian pembelian secara continual, jika stamp/cap sudah terkumpul memenuhi 1 kartu, maka akan ada potongan harga atau free-buy pada produk tertentu. (cth: Setiap pembelian 15 produk Kure, maka akan dapat 1 free produk Kure.)
    3. Collaboration: Kure dapat bekerja sama dengan supplier material yang lebih dekat dan murah untuk mengurangi Carbon Foot Print, yaitu sesuatu yang dapat menambah polusi ketika proses operational berlangsung, Karena Kure sebisa mungkin ingin menjadi usaha yang sehat dan eco-friendly. (cth: Mengurangi polusi kndaraan yang terpakai, Mengefisiensi kan penggunaan waktu dan process Operational nya.)

  • Inovasi yang dapat diterapkan untuk Jeimart ialah dengan menggunakan Inovasi Added Functionality . dengan menambahkan berbagai fungsi dan menyocokan pembuatan produk sesuai yang diminta costumer.  dilihat dari banyaknya pembuatan produk di bidang furniture yang kurang memperhatikan lingkugan sekitar dengan penggunaan bahan baku yang menyebabkan kerusakan llingkugan , cat mabel yang juga berbahaya bagi kesehatan . Jeimart haruslah berinovasi untuk membentuk dan menciptakan  Produk MABEL  yang ramah lingkugan dengan memberikan value yang menarik, disertai penambahan fungsi dalam produk baru Ramah lingkugan yang akan di inovasi .  hal ini  akan menyebabkan penjualan dari Jeimart dapat meningkat dan merupakan satu satunya Produk mabel yang menjual Produk furniture yang ramah Lingkungan di Indonesia ini . Contoh Produk Inovasi untuk Jeimart : pembuatan Kursi pelajar serbaguna dimana pembuatan kursi pelajar serbaguna ini dibentuk dengan menggunakan produk yang ramah lingkungan dan dapat membantu anak anak// pelajar untuk menaruh barang barang berat mereka di kursi tsb . Jadi kursi pelajar sebaguna ini dilengkapi dengan gantungan  yang membantu pelajar untuk menaruh Tas / peralatan berat lainnya  . 

  • The innovation that can be applied to UMKM Plasmurai:


    The main problem of the plasmurai business was the awareness of the people about the big impact that the product can make to their life and the world, therefore, the promotion section must make more on the education marketing with also pricing marketing to get people awareness that’s why plasmurai suitable to use customer engagement that use a community and belonging method as for the innovation marketing to grow a awareness for people to make the potential customer become a customer through socialization things and educational marketing. Also, plasmurai can do the networking section where they can collaborate with other eco-friendly products to boost up their product marketing faster.


    For example for the way through socialization was by joining social organization activity such as Jakarta Clean Up Day or other social activity that have a connection to save the world on the other hand for the educational marketing they can just do direct marketing to the customer but also by explaining them the use of the product itself when doing direct marketing or can create a brochures or posters that have a word that can touch people hearth through the fact that the world itself already harmed and we need to do something about it and this product can help you to do something with it for the collaboration plasmurai can collaborate with other eco-friendly product to boost up their marketing performance faster.


    The other needs that plasmurai must-have were the service innovation which is added value where they must add more values on their product to make costumer more likely think that the product was special and make them think that the product itself important for them. Also, do the split service innovation which is they need because they have 2 other products besides plamurai, therefore, they need to do a split service that can make them still focus on the plasmurai but still focusing on the other two.


    Example for this the first one by giving a value that this plasmurai product can save environment through small act another example for the second option for split service Mrs. Mervania & Mrs. Linda can make their company into 3 division that specialized on handle the product such as division for plasmurai, division for al-coco, and division for a goodie bag three of it must be split into their division for maximal services for each product.

This reply was deleted.