Lecturer

Kuliah 7. Program Need Analysis

Tugas Pertemuan ke 7 - Program Need Analysis

 

Mata Kuliah        : Living in Archipelago

 

  1. Buatlah uraian yang menjelaskan tentang Apakah Desa Wisata itu dan mengapa Pemerintah mengembangkan Desa Wisata! (sertakan sumbernya)
  2. Carilah satu contoh Desa Wisata yang sukses. Pelajari apa saja yang menjadi indicator Desa Wisata tersebut dianggap sukses!
  3. Berkaitan dengan rencana Program kelompok Anda yang akan diterapkan di desa Batu Layang, buatlah analisa kondisi Desa Batu Layang saat ini dibandingkan dengan Desa Wisata yang sudah sukses (nomor 2) sehingga dapat menunjukkan pentingnya Rencana Program yang akan Anda terapkan disana!

 

 

Catatan

  • Dalam setiap jawaban, disertakan sumber pustaka yang mendukung.
  • Tugas dikerjakan secara pribadi minimal 3 halaman maksimal 5 halaman. ( Calibri, font 12, spasi 1.5)
  • Deadline pengumpulan tanggal 18 Maret 2020 pk 00.00 WIB. Sampai batas waktu yang ditentukan tidak ada pengumpulan, maka nilai tugas 0.

 

 

 

You need to be a member of Pusat Kewirausahaan dan Inkubator Bisnis Podomoro University to add comments!

Join Pusat Kewirausahaan dan Inkubator Bisnis Podomoro University

Email me when people reply –

Replies

  • Tugas Pertemuan ke 7

     

    Mata Kuliah   : Living in Archipelago

     

    1. Buatlah uraian yang menjelaskan tentang Apakah Desa Wisata itu dan mengapa Pemerintah mengembangkan Desa Wisata! (sertakan sumbernya)
    2. Carilah satu contoh Desa Wisata yang sukses. Pelajari apa saja yang menjadi indicator Desa Wisata tersebut dianggap sukses!
    3. Berkaitan dengan rencana Program kelompok Anda yang akan diterapkan di desa Batu Layang, buatlah analisa kondisi Desa Batu Layang saat ini dibandingkan dengan Desa Wisata yang sudah sukses (nomor 2) sehingga dapat menunjukkan pentingnya Rencana Program yang akan Anda terapkan disana!

     Jawab:

    1. Desa wisata merupakan komunitas masyarakat yang merupakan penduduk dari suatu wilayah tersebut yang memiliki kepedulian dan kesadaran untuk melakukan pengelolaan demi kepentingan Bersama. Para masyarakat dapat ikut berperan aktif menyumbangkan keterampilan dan kemampuan yang dikuasai untuk memberdayakan desa tersebut. Hal ini dilakukan untuk menciptakan potensi berkembangnya sector pariwisata di desa tersebut yang secara langsung berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat yang berada di desa tersebut. Sehingga diperlukan keikutsertaan yang aktif dari para penduduk desa.

            Kriteria pengembangan desa wisata adalah 4a + 1c:

    • Memiliki Attraction/atraksi wisata unggulan
    • Memiliki Amenities/Kelembagaan
    • Memiliki Aksesibilitas/Sarana-Prasarana yang memadai
    • Memiliki Ancilliries/Akomodasi wisata pendukung
    • Memiliki Community Involvement/Keterlibatan Masyarakat

    Setelah mengetahui kriteria-kriteria tersebut, perlu dilakukan langkah langkah agar pengembangan desa wisata tersebut dapat berjalan dengan baik. Diantara lain:

    • Harus melakukan pemetaan wilayah agar kita dapat mengidentifikasi potensii potensi seperti alam, social,budaya yang ada di desa tersebut.
    • Memperbaiki fasilitas fasilitas desa yang dirasa masih kurang mumpuni bagi para wisatawan

     Alasan pemerintah membangun desa wisata ialah karena desa wisata tersebut dapat mengembangkan potensi desa, termasuk pariwisatanya, sebagai produk unggulan desa. Hal ini juga dapat membantu desa desa yang tertinggal yang sebenarnya mempunyai potensi pariwisata. Oleh karena itu diperlukan kerjasama dengan pemerintahan seperti kementerian pariwisata dan kementerian desa untuk pembangunan desa yang tertinggal dan perlu juga bantuan koperasi untuk membiayai usaha kecil dan menengah untuk mengembangkan desa yang memiliki potensi pariwisata tersebut. Karena semua desa yang ada di Indonesai diyakinini mempunyai potensi ekonomi yang dapat di kembangkan. Jadi diharapkan sumber penghasilan desa tidak hanya dari pertanian atau perikanan saja, tetapi pariwisata dapat turut andil dalam mengembangkan potensi ekonomi desa tersebut. Dana desa juga disediakan oleh pemerintah untuk mendorong perekonomian desa dapat cepat bertumbuh dan menjadi desa yang maju dan modern.

    Sumber: (http://diparda.gianyarkab.go.id/index.php/en/news/item/304-pengemba...)

     

    1. Desa wisata pujon kidul yang terletak di malang merupakan salah satu desa wisata yang hits dan diminati para para wisatawan. Desa ini tepatnya berada di kecamatan pujon, malang, jawa timur. Desa wisata ini juga cukup mudah untuk dijangkau melalui beberapa jalur alternative.

    Desa wisata pujon kudul menyediakan beberapa tempat hiburan termasuk tempat tempat spot foto yang menarik, serta restoran yang menyajikan makanan khas daerah tersebut. Desa ini juga didkukung dengan suasana pedesaaan nan sejuk dana asri karena terletak di dataran tinggi.

    Paket paket wisata pujon kidul:

    • Outbond

    Desa wisata pujon kidul menyediakan fasilitas bermain outbond seperti paintball, atv, trail, dan panahan. Kalian bisa memakai atv untuk menikmati perjalanan di sekitar perkebunan. Kalian bisa juga belajar tentang pertanian dan perkebunan serta peternakan sapi. Selain itu, juga disediakan homestay bagi para wisatawan yang ingin bermalam di desa. Para wisatawan juga dapat belajar tentang kesenian dan turut andil berpartisipasi juga di dalamnya.

    • Wisata kafe sawah

    Kafenya didesain dengan konsep kontemporere dan dengan latar pemandangan alam yang sejuk kaerna dikelilingi oleh sawah sawah. Selain buat kuliner, tempat ini bisa dijadikan objek spot foto yang bagus. Kafe sawah menyediakan objek selfie yang instagrammable. Ada beberapa spot foto yang direkomendasikan seperti taman Bungan, jembatan, sampai pemandangan dengan latar pegunungan . desa pujon kidul juga menyediakan paket pre wedding bagi yang ingin melakukan potret di desa tersebut dengan harga terjangkau.

    • The roudh 78

    The roudh 78 juga dijuluki texasnya pujon kidul. Di the roudh 78 ini, terdapat berbagai destinasi wisata bagi orang orang yang suka memacu adrenalin. Di sini kalian dapat melalkuakn kegiatan off road dengan jeep untuk menyusuri perkebunan persawahan dan peternakan yang ada di pujon kidul. Di the roudh 78 kalian dapat bermain paintball. Karena konsep dari the roudh 78 ialah kota Texas, di sini juga disediakan penyewaan kuda dan kostum koboy yang dapat dipakai oleh para wisatawan.

    • Wisata alam

    Pujon kidul juga memiliki wisata alam yang indah. Kalian bisa mencoba hiking ke Kawasan air terjun atau coban. Di pujon kidul terdapat dau coban atau air terjun yaitu, coban sumber pitu dan coban manan.

    Pujon kidul bisa dikatakn sukses karena adanya rasa kepedulian dianatar penduduk desa tersebut dan mendapat dukungan darikementerian pariwisata yang bisa dilihat dari beberapa indicator:

    • Pengelolalaan desa dilakukan secara berkelanjutan dan mendukung pembangunan lingkungan hidup di sekitarnya
    • Para warganya bekerja dengan giat dan cerdas untuk membangun desanya tanpa menunggu bantuan pemerintah

     

    Sumber: (https://www.liputan6.com/citizen6/read/3922332/desa-wisata-pujon-ki...)

    https://www.malangtimes.com/baca/39593/20190602/145500/pujon-kidul-...

     

     

    1. jadi rencana program kami menuju pada pelatihan marketing dari segi dasar sosmed (social media) & web / blog sederhana yang bertujuan sebagai sarana menyampaian keunikan / ke istimewaan desa batu layang tersebut. Kenapa kami berpikir untuk merencanakan program ini ?, hal dikarenakan sudah adanya web/blog ataupun sosmed tapi di bagian web/blog sekarang masih dalam pengelola swasta / perusahaan yang mengurusi jasa bootcamp disana yang mencondongkan marketingnya lebih ke kelebihan dari usaha mereka dari pada keunikan desa itu sendiri selain dari itu ada juga web dari pemerintah soal desa batu layang akan tetapi masih dalam lingkup deskripsi dari sejarah dll. Secara tidak langsung web desanya sendiri masih belum ada dan marketing nilai nilai ke istimewaan desa tersebut masih kurang. Dari segi sosmed baru ada dibagian facebook sedangkan biasa wisatawan jaman sekarang lebih memilih mencarinya melalui instagram atau recomendasi-rekomendasi yang ada di pintrest. Karena sebab itu kami berencana melakukan pelatihan dasar dalam marketing melalui web/ blog sederhana dan juga melalui sosmed untuk meningkatkan detail travel yang menarik di dunia maya sehingga banyak traveller-traveller yang tertarik untuk berkunjung di desa batu layang.

    Jika dibandingkan dengan desa pujon kidul, bisa dikatakan marketing mereka lebih baik dibandingkan dengan desa batulayang. Bahkan di Instagram, followers akun restoran café sawah yang menjadi destinasi utama dari desa pujon kidul sudah mencapai 8000 an. Bisa diliat hanya dari Instagram saja, mereka dapat mempromosikan desanya. Oleh karena itu kita ingin melakukan dasar marketing bagi para penduduk desa batu layang agar dapat kita terapkan di desa batu layang yang keindahan desanya juga tidak kalah dari desa pujon kidul. Diharapkan dengan adanya pelatihan tersebut, desa batu layang juga dapat bersaing dengan desa desa wisata lainnya yang sudah mendapat perhatian kementerian pariwisata.

    Pengembangan Desa Wisata
    Desa Wisata adalah  komunitas atau masyarakat yang terdiri dari para penduduk suatu wilayah terbatas yang bisa saling berinteraksi secara langsung di…
  • Tugas Pertemuan ke-7 Program Need Analysis

    Tugas Pertemuan ke 7.docx
  • Tugas Living In Archipelago Experience

     

    1. Desa Wisata adalah suatu integrasi antara atraksi , akomodasi , dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku. ( Nuryanti , Wiendu. 1993 ) . Atau bisa juga disebut sebagai suatu masyarakat yang terdiri dari penduduk di dalam suatu wilayah terbatas yang bisa berinteraksi langsung di bawah pengelolaan dan memiliki kepedulian dan kesadaran untuk berperan bersama sesuai keterampilannya masing-masing , dan juga memberdayakan potensi secara optimal bagi berkembangnya bidang pariwisata di wilayah desanya. Tentu masyarakat pada desa adalah subjek utama dari pembangunan desa itu sendiri , oleh karena itu setiap masyarakat desa wisata memiliki peran yang penting dalam meningkatkan potensi pariwisata dan menonjolkan keunikan/perbedaan desa itu dari desa lainnya. Semua kegiatan yang disediakan oleh desa wisata harus bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakatnya dengan potensi sumber daya manusia dan keunikan desa yang dimiliki. Setiap desa wisata harus memiliki unsur penting seperti keunikan yang menjadi daya tarik utama di desa , fasilitas yang baik sebagai pendukung untuk memfasilitasi pengunjung agar nyaman saat berkunjung ke desa tersebut , dan mempunyai akses jalan yang baik dan layak untuk memasuki desa wisata tersebut. Unsur ini sangat penting dalam meningkatkan kunjungan wisatawan dan kenyamanan wisatawan saat berkunjung ke desa tersebut. Di Indonesia , tentu banyak desa wisata yang dikembangkan oleh pemerintah Indonesia , alasannya antara lain pengembangan desa wisata bisa memberikan keseimbangan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan di desa tersebut , serta meningkatkan kreativitas masyarakat desa wisata dalam pengembangan sumber daya manusia di desa tersebut. Dalam hal pembangunan desa pariwisata harus diperhatikan beberapa hal penting seperti :
    • Pembangunan harus layak secara ekonomi

    Pembangunan desa harus dapat memberikan efek yang baik bagi ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan local.

     

    • Pembangunan harus berwawasan lingkungan

    Dalam proses pembangunan wilayah harus memperhatikan kelestarian lingkungan dan menghindari segala efek negative yang bisa ditimbulkan jika kualitas lingkungan menurun dan mengganggu keseimbangan alam.

    • Pembangunan desa harus bisa diterima secara social

    Ketika desa itu dibangun , tidak boleh melanggar norma-norma desa wisata dan jangan sampai merusak tatanan masyarakat desa di sana.

    • Pembangunan desa dapat diterapkan secara teknologi.

    Proses pembangunan dapat memanfaatkan teknologi sehingga pembangunan dapat berjalan secara efisien dan sebaiknya cara itu dapat diadopsi oleh masyarakat desa untuk proses perkembangan desa jangka panjang.

    Dalam proses perkembangan desa wisata ada 3 tahap perkembangan desa wisata yaitu :

    • Berpotensi :
    • Pengembangan sarana desa wisata masih sangat terbatas.
    • Masih sangat sedikit wisatawan yang berkunjung atau bisa saja belum ada wisatawan yang berkunjung ke desa tersebut.
    • Kesadaran masyarakat desa terhadap potensi pengembangan wisata di desanya belum ada atau masih sangat rendah.
    • Berkembang :
    • Sudah terdapat pengembangan sarana dan prasarana di desa wisata.
    • Sudah mulai dikenal dan dikunjungi wisatawan.
    • Sudah tercipta lapangan kerja bagi masyarakat setempat dan ekonominya sudah bertumbuh.
    • Kesadaran masyarakat desa terhadap potensi pengembangan wisata sudah cukup baik.
    • Masih butuh bantuan pemerintah dan pihak swasta dalam pembangunan desa wisata tersebut.

     

    • Maju :
    • Sarana di desa tersebut sudah sangat memadai dan layak untuk pengunjung.
    • Sudah menjadi tujuan wisata yang terkenal dan banyak dikunjungi pengunjung dari luar daerah.
    • Masyarakat sudah sangat sadar akan potensi pengembangan desa wisata.
    • Masyarakat desa wisata sudah mampu mengolah usaha pariwisata secara mandiri.
    • Masyarakat desa sudah mampu melakukan promosi pariwisata di desanya secara mandiri.

    Sumber :

    http://ensiklo.com/2019/10/21/pengertian-desa-wisata/

    https://www.kompasiana.com/casmudi/54f37fd47455137c2b6c7969/harapan...

    https://wisatahalimun.co.id/pengembangan-desa-wisata

    https://id.wikipedia.org/wiki/Desa_wisata

     

    1. Salah satu desa wisata yang sukses adalah Desa Ubud di Kabupaten Gianyar yang terletak di Pulau Bali , Indonesia. Beberapa tempat wisata yang terkenal di daerah Ubud yaitu Agung Rai Museum Art , Museum Puri Lukisan , Monkey Forest Road , Sacred Monkey Forest Sanctuary , Ubud Palace , Ubud art market , Saraswati Temple Ubud , Puri Saren Agung , Ayung River Rafting Bali , Pura Gunung Lebah , Pura Dalem Ubud , Pura Tirta Tawar , dll. Desa Ubud sudah dikategorikan sebagai desa yang maju karena sudah menjadi tujuan desa wisata yang terkenal oleh wisatawan asing dan wisatawan lokal dan sering dikunjungi. Hal ini terbukti pada tahun 2019 , Ubud menjadi salah satu destinasi desa dari Kabupaten Gianyar yang terpopuler selain dari tempat tempat wisata di kabupaten lainnya seperti Seminyak , Nusa Dua , Uluwatu , Jimbaran , Sanur , dll. Selain itu sarana dan prasarana di desa Ubud sudah sangat layak untuk pengunjung seperti tersedianya villa , resort , dan hotel bagi pengunjung desa ubud , tersedia juga jasa rental mobil bagi yang ingin menyewa mobil untuk beberapa hari baik dengan supir maupun tanpa supir , kondisi jalan yang sudah baik , dll. Bisa dilihat dari kebersihan lingkungannya , sarana prasarana yang tertata rapih , dan kedamaian di desa yang terjaga , masyarakat desa ubud juga sangat sadar akan pengembangan desa wisata Ubud , karena dengan menjaga kebersihan lingkungan dan kerapihan sarana prasarana , wisatawan akan merasa nyaman tinggal di desa Ubud dan dalam beberapa tahun terakhir tidak terdapat kerusuhan masal di daerah Ubud , yang membuat wisatawan merasa aman ketika berlibur ke daerah Ubud. Oleh karena wisatawan merasa aman dan nyaman tinggal di desa Ubud , maka daerah Ubud bisa berkembang. Masyarakat di sana sudah bisa juga mengolah tempat wisatanya secara mandiri dan mempromosikannya. Sudah ada banyak sekali tempat wisata di daerah Ubud yang layak dikunjungi dan diolah oleh warga desa Ubud sendiri , dan beberapa website dan social media yang mempromosikan tempat wisata di desa Ubud itu sendiri seperti www.ubud.com , www.fabulousubud.com , beberapa akun instagram yang mempromosikan ubud milik masyarakat ubud contohnya seperti ubudgoodtravel , dll.

    Sumber :

    https://www.nusabali.com/berita/66784/wisatawan-eropa-dominasi-kunj...

    https://www.google.co.uk/travel/things-to-do?g2lb=2502548%2C4258168...

    www.ubud.com

    www.faboulousubud.com

    1. Jika desa Ubud bisa dikategorikan sebagai desa yang sudah maju , lain halnya dengan desa Batulayang yang terletak di Jawa Barat , Kabupaten Bogor yang belum bisa dikategorikan sebagai desa yang maju , tetapi untuk sekarang masih termasuk kategori berkembang. Memang desa Batulayang mempunyai keunikannya sendiri dibandingkan desa Ubud seperti pemandangan yang berbeda seperti air terjun dan pegunungan yang berbeda dari Ubud dan juga budaya yang berbeda seperti tarian yang khas serta alat musik. Fasilitas untuk prasarana dan sarana sudah cukup , seperti tersedianya homestay dan villa yang nyaman serta mobil antar jemput untuk villa . Tetapi jalan untuk masuk ke desa Batulayang masih kurang layak untuk pengunjung. Karena desa ini dikategorikan sebagai desa berkembang , desa ini sudah dikenal oleh beberapa komunitas pecinta alam dan wisatawan lain karena alamnya yang bersih tetapi belum seramai dan belum terlalu diminati seperti desa Ubud. Seiring perkembangannya , juga sudah tercipta beberapa lapangan kerja contohnya seperti pekerjaan penjualan souvenir di desa Batulayang untuk wisatawan , jasa antar jemput , dll. Beberapa dari mereka sudah bisa membuat pembukuan karena mendapat kunjungan dari mahasiswa podomoro tahun sebelumnya dan diajari tentang pembukuan keuangan dasar. Ini menunjukan perekonomian desa mereka sudah mulai bertumbuh. Kesadaran mereka tentang pengembangan desa wisata sudah cukup baik salah satunya bisa tercermin dari warganya menjaga kebersihan lingkungan dan hal itu bisa membuat wisatawan merasa nyaman tinggal di lingkungan yang bersih. Tetapi mereka masih sangat membutuhkan pihak pemerintah atau pihak lain yang bisa membantu desa mereka agar makin bertumbuh perekonomiannya dan dalam hal sumber daya manusianya , dan juga sarana prasarana di desa batulayang supaya lebih menarik lagi , dan pastinya akses jalan menuju ke desa Batulayang perlu diperbaiki. Kebetulan kelompok saya adalah kelompok Agung yang ditugaskan untuk membantu mereka dalam hal perencanaan pengembangan website dan blog. Dalam hal website dan blog masih sangat kurang informasi yang disediakan , maka itu perlu dikembangkan lagi seperti foto pemandangan diperbanyak , informasi tentang makanan khas , dll.

    Sumber : https://wisatabatulayang.com/

    Pengertian Desa Wisata dan Konsep Pengembangannya
    Pengertian Desa Wisata adalah komunitas atau masyarakat yang terdiri dari penduduk suatu wilayah terbatas yang bisa saling berinteraksi secara langsu…
This reply was deleted.